Senin, 23 Juli 2012

Fakta dan Mitos Rambut Rontok

Fakta dan Mitos Rambut Rontok 

Fakta dan Mitos Rambut Rontok, Lintas Jagat - Rambut adalah mahkota wanita, maka tak heran jika banyak wanita yang panik saat melihat banyak rambut rontok yang jatuh di lantai, tertinggal di sisir atau bantal, bahkan rambut rontok yang menyumbat saringan pembuangan air di kamar mandi. Tidak ada wanita yang rela mahkotanya berguguran setiap hari.
Rambut rontok adalah hal yang normal karena akan ada rambut baru yang menggantikan rambut rontok tersebut. Jumlah rambut rontok yang normal setiap hari adalah 100 helai, jika lebih dari itu, Anda boleh panik dan mencari perawatan yang tepat untuk mengatasinya.
MITOS RAMBUT RONTOK
Banyaknya masalah kerontokan rambut yang timbul membuat banyak mitos salah beredar, inilah beberapa di antaranya, dikutip dari A White Paper Investigating Hair Fall and Breakagetahun 2012.
Stres menyebabkan rambut rontok.
Fakta: Hal ini benar, beberapa stres traumatik akan menyebabkan rambut rontok. Bila stres hilang, maka pertumbuhan rambut akan kembali normal.
Wig atau topi menghentikan pertumbuhan rambut.
Fakta: Wig dan topi tidak menghambat pertumbuhan rambut tetapi bisa menyebabkan rambut patah dan rontok yang biasa disebut traction alopecia.
Memakai shower dapat membuat rambut rontok.
Fakta: Mandi di bawah shower dikabarkan bisa menyebabkan kebotakan. Tidak ada bukti jelas yang mendukung pernyataan ini. Justru keramas dengan shower dapat membersihkan shampoo dari kulit kepala tanpa melukai folikelnya.
Minum vitamin dapat merangsang pertumbuhan rambut.
Fakta: Rambut merupakan jaringan non-viable, minum vitamin atau melumuri rambut/kulit kepala dengan vitamin tidak akan berpengaruh pada pertumbuhan rambut.
Memijat rambut dan menyisir rambut dapat merangsang pertumbuhan rambut.
Fakta: Memijat kulit kepala selama 15 menit atau menyisir 20-100 kali dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah mitos. Hal tersebut justru akan menyebabkan kerusakan akibat gesekan pada rambut dan menyebabkan patah.
Memotong rambut dapat mempercepat rambut tumbuh.
Fakta: Memotong rambut tidak bisa mempercepat pertumbuhan rambut atau membuat rambut lebih kuat, lebih lembut, menjadi keriting atau lurus.
Ketombe menyebabkan rambut rontok.
Fakta: Orang yang mengalami rambut rontok juga dapat mengalami masalah ketombe, tapi tidak ada hubungan antara rambut rontok dan ketombe. Jika kulit kepala terasa gatal, menggaruknya akan menyebabkan rambut patah.
Kerontokan rambut tidak dialami wanita muda.
Fakta: Rambut rontok dapat terjadi bahkan pada remaja sekalipun.
Memotong rambut 3 bulan sekali akan membuat rambut 3 kali tumbuh lebih cepat.
Fakta: Rambut akan tumbuh setengah inchi setiap bulannya tidak peduli dipotong atau tidak.
FAKTA KERONTOKAN RAMBUT
Inilah fakta seputar rambut rontok yang telah teruji kebenarannya.
  • Berdasarkan survey yang dilakukan IndoPacific Edelman di 10 kota besar Indonesia pada bulan Juni tahun lalu, 70% wanita Indonesia mengalami masalah kerontokan rambut.
  • Berdasarkan tes di Inggris pada tahun 2008, 80% kerontokan rambut berasal dari akar, bukan karena rambut patah. Sayangnya, kebanyakan produk rambut rontok hanya mengatasi masalah rambut rontok akibat patah.
  • Anggapan bahwa masalah rambut rontok hanya akan dialami wanita dewasa tidak tepat. Masalah rambut rontok dapat terjadi pada wanita usia 16 - 45 tahun.
  • Rasa takut akan kerontokan rambut dapat mengubah mood, perilaku, bahkan kepribadian seseorang. Wanita yang tadinya ceria bisa murung dan tidak percaya diri saat mendapati rambut rontok yang makin parah dari hari ke hari.
TIPS MERAWAT RAMBUT RONTOK
Melihat efek kerontokan rambut yang sangat besar, maka penting bagi Anda untuk menjaga keindahan dan kesuburan mahkota yang paling berharga. Inilah beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk mengatasi rambut rontok:
  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang, usahakan agar rambut Anda dibiarkan terurai setiap hari.
  • Jika terpaksa mengikat rambut, hindari pemakaian aksesoris yang terlalu berat karena dapat menarik akar rambut dan memperparah kerontokan.
  • Pakai perawatan rambut yang tepat. Produk rambut yang tepat akan membuat kulit kepala dan akar rambut sehat, sehingga kerontokan rambut dapat diminimalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar