Senin, 01 Oktober 2012

6 Cara Alami Agar Tidak Sering Kentut

6 Cara Alami Agar Tidak Sering Kentut : Siapa yang tidak mengenal kentut atau istilahnya buang angin? Kentut merupakan sesuatu yang beraroma dan berbunyi tetapi tidak berwujud. Tidak ada orang yang menyukai kentut kecuali orang yang membuangnya sendiri. Adalah hal yang memalukan jika melakukan kentut di depan umum.

 6 Cara Alami Agar Tidak Sering Kentut

Kentut atau buang angin adalah produk alami dari proses pencernaan. Gas yang diramu di dalam usus ini terdiri dari campuran oksigen, nitrogen, hidrogen, karbon dioksida serta metana. Rata-rata manusia memroduksi antara 1 - 4 liter gas usus setiap hari dan meluncurkan gas sekitar 14 kali dalam sehari.
Nah, agar tidak sering kentut, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan seperti dilansir Fox News, Rabu (26/9/2012) yang dikutip dari detikHealth berikut ini:
  1. Kunyah Makanan Baik-baik
Mengunyah makanan dengan baik akan membuat makanan menjadi bagian yang lebih halus dan mudah dicerna enzim pencernaan. Bila mengunyah karbohidrat dengan baik, maka enzim pencerna pati yang diproduksi di mulut akan membantu memecah makanan lebih efektif.
  1. Atur Pola Makan
Seberapa banyak dan bau gas yang dikeluarkan tubuh banyak dipengaruhi oleh makanan yang dimakan. Karbohidrat yang mengandung gula alami akan memicu gas. Namun, tidak demikian dengan protein dan lemak.
Penumpukan gas pencernaan dapat dipicu karena mengonsumsi makanan manis setelah makan protein. Penyebabnya karena protein dicerna lebih lambat dari gula. Saat gula ada di atas protein, gula yang dicerna lebih cepat akan terfermentasi.
  1. Konsumsi Probiotik
Probiotik merupakan bakteri yang penting untuk kesehatan usus. Antibiotik merupakan contoh obat yang dapat membunuh bakteri dalam usus. Jadi, penting untuk mengisi ulang bakteri-bakteri baik. Probiotik dapat diperoleh dari yogurt.
  1. Minum Teh Peppermint
Bila sering kentut setelah makan, salah satu obat sederhana adalah minum secangkir teh peppermint setelah makan. Cara ini sering bermanfaat mengurangi produksi gas. Jika memungkinkan, sebaiknya pilih teh organik.
  1. Jamu Pahit dan Rempah-rempah
Formulasi herbal pahit yang berisi campuran tanaman artichoke dan gentian dapat meningkatkan produksi cairan pencernaan dan meningkatkan efisiensi sistem pencernaan. Sudah berabad-abad ramuan ini digunakan untuk membantu pencernaan dan mengurangi gas pencernaan.
Rempah-rempah juga bisa menetralisir gas karena kandungan komponen aromatiknya yang membantu pencernaan. Kapulaga, jintan, adas manis dan adas bisa membantu untuk mengurangi gas di usus.
  1. Minum Enzim Pencernaan
Enzim pencernaan bisa membantu memecah dan mencerna makanan. Suplemen ini mengandung zat yang diproduksi tubuh untuk memecah makanan secara efisien. Tubuh bisa saja kurang cukup memroduksi enzim karena disebabkan oleh stres dan obat-obatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar