Jumat, 10 Agustus 2012

Rute Khusus Pengguna Sepeda Motor di Pantura

Rute Khusus Pengguna Sepeda Motor di Pantura  - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) menyiapkan jalur khusus sepeda motor di jalur mudik utara Jabar atau Pantura.

"Kita siapkan jalur khusus roda dua," kata Kepala Biro Operasional Polda Jabar Komisaris Besar Martanto, usai rapat koordinasi operasi Lebaran 2012 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Rabu (8/8/2012).

Jalur khusus sepeda motor dimulai dari Karawang. "Dari Pertigaan DPR Karawang sepeda motor semula berhenti atau keluar di Cikalong, tahun ini diarahkan ke Ciasem lalu gabung dengan roda empat," terangnya.

Menurutnya, operasi jalur khusus tersebut dimulai 11 hingga 26 Agustus 2012. Selain itu, secara umum infrastruktur jalur mudik di Jabar sudah siap digunakan, baik di jalur utara, tengah, dan selatan. Termasuk jalur khusus sepeda motor di Pantura. "Pom dan rest area juga sudah siap," katanya.

Dalam mendukung kelancaran arus mudik, pihaknya juga menyiapkan pos pengamanan (Pospam) yang jumlahnya yang tersebar di tiga jalur utama mudik yang ada di jabar. "Tahun ini kita membuat pospam setiap 4,5 kilometer. Tiap pospam dibekali dengan alat komunikasi," terangnya.

Dia mengungkapkan, Ops Ketupat Lodaya 2012 akan dikawal 34.104 personel, terdiri dari Polri 20.184, TNI 3.240, 8.700 petugas pemnda, dan unsur masyarakat 2.000 orang. "Jumlah ini setelah ada penambahan hasil rapat Ops Ketupat Lodaya 2012," jelasnya.

Untuk mengurai kemacetan, juga akan diterjunkan tim urai bermotor. "Mereka terampil melakukan penguraian," katanya.

Pemantauan arus mudik dibantu dengan pemasangan 68. Selain itu ada pemantauan lewat helikopter. "Prioritasnya di Cikopo-Nagreg," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar